Mengenal AC Mobil Beserta Komponennya..!

Share

AC adalah komponen dalam AC mobil yang wajib ada pada setiap mobil. Mulai dari mobil sport, MPV, SUV, Doublecabin dan lainnya pasti menggunakan AC. Tapi apakah anda sudah tahu bagaimana cara kerjanya?

Bagi anda para pengguna rutin mobil perlu mengetahui bagaimana sistem kerja AC dan apa saja komponen yang mendukung AC bisa bekerja dengan baik. Jadi jangan hanya memakai udara dinginnya saja.

Pengetahuan ini sangatlah penting agar ketika mengalami kerusakan anda mengenal bagian apa yang rusak dan perlu di perbaiki atau diganti. Perhatikan cara kerja dan komponen penting apa di dalamnya.

Sebelum kita masuk ke sistem kerja dari AC mobil, kenalilah dulu apa saja komponen utama yang bisa menciptakan udara dingin dalam kabin. Berikut ini macam jenis sekaligus penjelasannya.

Bengkel AC Mobil Cibubur

Kompressor

Kompressor merupakan salah satu komponen paling utama yang sering di sebut dengan mesin AC. Fungsi dari kompressor ini adalah memompa freon agar bisa di salurkan ke seluruh sistem pada ac. Bisa juga di katakan sebagai pendingin. Freon akan di pompa dan di alirkan sesuai tekanan yang di perlukan. Nantinya freon akan di pompa ke saluran pipa AC yang akan di lewati oleh freon yaitu saluran hisap dan buang. Saluran ini di hubungkan dengan evapurator,sedangkan saluran buang dihubungkan dengan kondensor.

Kondensor

Merupakan komponen utama yang fungsinya adalah mengubah gas freon bertekanan tinggi yang di pompa oleh kompressor. Gas akan meurbah menjadi cair dengan cara didinginkan supaya suhu panas berkurang. Cara kerja AC mobil tidak akan sempurna tanpa adanya komponen ini. Kondensor bertujuan untuk melepaskan panas dari freon sehingga bekerja sebagai pendingin. Proses pendingin ini nantinya akan di bantu dengan komponen lain berupa cooling fan.

Receiver Dryer

Sebuah komponen dalm mesin AC yang fungsinya adalah untuk menyaring kotoran pada sistem AC. Biasa di sebut juga sebagai filter dryer, tak hanya menyaring kotoran tetapi juga mengeringkan uap air yang ada di sistem AC mobil.

Pada saat freon cari yang keluar dari kondensor harus melalui filter dryer ini, Ada berbagai macam bentuk dari receiver dryer yaitu yang menjadi satu dengan kondensor dan ada juga yang terpisah.

Mengingat fungsinya adalah sebagai penyaring kotoran, maka filter ini wajib rutin di bersihkan setidaknya satu tahun sekali. Pada beberapa jenis mobil ada yang tidak menggunakan filter dryer ini karena proses pelepasan panasnya terjadi lebih sempurna.

Expansion Valve

Komponen ini bentuknya adalah saluran yang lumayan sempit dan menjadi wadah untuk mengalirnya freon cair dengan tekanan tinggi. Freon yang mengalir dari receiver drier tadi akan menuju evapurator sehingga di ubah menjadi gas.

Jadi fungsi utama dari expansion valve ini untuk membantu freon cair berubah menjadi gas. Pada saat freon cair melewati area valve yang sempit maka akan terjadi pengabutan. Ada tiga jenis bentuk dari expansion yaitu bentuk L, Kotak serta berbentuk kecil seperti pulpen.

Evapurator

Komponen yang terkahir dan sangat penting dalam kesempurnaa cara kerja AC mobil adalah evapurator. Sesuai dengan namanya, komponen inilah yang berfungsi untuk menyerap udara atau gas panas kemudian mengubahnya menjadi udara yang dingin.

Evapurator akan menjadi alat yang menanmpung freon cair sementara yang telah berubah menjadi uap dingin sebelum akhirnya melewati expansion valve di sebut juga sebagai cooling unit di mana udara dingin akan terbentuk pada kisi – kisi evapurator. Dan anntinya hembusan angin dingin akan melalui kisi-kisi tersebut sehingga uap dingin bisa di rasakan pada kabin mobil. Bagian kisi – kisi evapurator juga perlu di jaga kebersihannya sama seperti filter dryer.

Kotoran yang paling sering menyumbat bagian ini membuat hembusan angin dari blower tersumbat. Hasilnya angin yang di keluarkan terasa kurang kencang dan uap dingin kurang terasa.

Untuk Cara Kerja AC Bisa Tonton Di Channel Youtube Kami : https://www.youtube.com/watch?v=H1LqQ9KE4V4

Kami siap Membantu Anda