Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Share

Pernakah anda mengalami AC mobil yang secara tiba-tiba menjadi kurang dingin? Untuk penyebab AC mobil kurang dingin ini tidak hanya terletak pada habisnya freon, tapi ada beberapa penyebab lainnya juga. Nah,kita sama sama yuk cari beberapa penyebabnya agar kamu bisa mengatasinya.

Spesialis AC Mobil Cibubur

5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Refrigent atau Freon Habis

Penyebab AC mobil kurang dingin biasanya di tandai oleh berkurangnya ataupun habisnya freon, freon merupakan media pendingin AC mobil. Bila freon berkurang atau habis, tentu akan menjadikan AC mobil kurang dingin, sehingga mengganggu perjalanan anda dan juga keluarga. Dan penyebab dari habisnya freon itu sendiri adalah, terjadi kebocoran pada sistem AC seperti pada kodensor, sambungan seal o-ring, kebocoran pada evapurator, ataupun sparepart lainnya.

Sebelum menambahkan freon,ada baiknya di lakukan pencarian titik kebocoran yang terjadi pada komponen AC mobil tersebut. Masalah AC mobil tidak dingin ini tidak boleh di biarkan terlalu lama, karena bisa berimbas pada kerusakan komponen AC lainnya. Ada baiknya anda langsung datang ke Spesialis AC Mobil Terdekat.

Evapurator Kotor / Tersumbat

Debu atau kotoran lain menjadi salah satu penyebab dari tersumbatnya evapurator AC mobil. Bila debu sudah mulai masuk / menymbat, maka akan membuat aliran udara dari blower jadi terhambat. Hal ini membuat sirkulasi AC akan sangat terganggu. Hal ini lah menjadi penyebab AC mobil tidak dingin.

Selain debu, filter udara yang jarang di bersihkan bisa juga mengganggu kinerja evapurator, kotoran yang menempel pada filter bisa menghambat aliran udara dingin. Dan cara mengatasinya adalah dengan membersihkan evapurator maupun filter AC mobil secara berkala, bisa juga datang ke Spesialis bengkel AC terdekat.

Baca Juga Service AC Mobil BMW Cibubur

Kondensor Kotor

Sebelumnnya kita harus memahami cara kerja dari kondensor,agar kita tidak salah dalam membersihkan kondensor. Cara kerja kondensor yaitu membuang suhu panas yang di lepaskan kompressor. Ketika kondensor kotor,tentu panas tidak dapat di lepaskan dan membuat AC tidak menjadi dingin.

Kompressor Rusak

Salah satu penyebab dari kompressor lemah adalah dari faktor usia, mengapa di kaitkan dengan faktor usia? Karena kita bisa tau dari perawatan secara berkala yang kita lakukan di bagian kompressor, fungsi dari kompressor adalah memompa freon AC untuk di alirkan ke seluruh saluran pendingin AC. Jika kompressor mengalami kebocoran, maka freon akan cepat berkurang dan habis.

Fan Belt Putus

Pernakah anda mengalami putus / copotnya fan belt? Fan belt berguna untuk menghubungkan antara putaran mesin mesin dengan kompressor AC mobil. Kompressor tidak akan berputar dan membuat kondensor tidak bekerja sebagaimana mestinya,bila fanbelt putus, akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja.

Tonton juga cara kerja AC Mobil di https://www.youtube.com/watch?v=H1LqQ9KE4V4

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL