Service AC Mobil Land Cruiser ( FJ40 )

Share

Jadi salah satu jip legendaris, beginilah awal cerita Toyota Land Cruiser FJ40 masuk ke Indonesia. Mobil ini merupakan salah satu dari mobil jip legendaris di Indonesia, dan mobil ini biasa di panggil dengan sebutan Hardtop.

Padahal mobil ini bukan hanya model hardtop saja, melainkan juga beratap kanvas. Meski begitu tetap saja banyak yang menyebut mobii ini dengan sebutan Toyota Hardtop Kanvas.

Mobil jip keluaran toyota ini masuk ke Indonesia pada tahun 1960-an. Konon hal ini di karenakan rombongan penjahat Indonesia yangg saat itu mengunjungi Jepang. Rombongan pejabat Indonesia terpukau melihat penampilan pasukan beladiri Jepang yang memakai Toyota FJ40 sebagai salah satu armada tempurnya.

Singkat cerita, pemerintah Indonesia mendatangkan Toyota FJ40 yang tentu saja pengguna pertamnya adalah untuk kalangan militer. Mobil ini awalnya di gunkanan untuk kepentingan militer.

Service AC Mobil Unimog Cibubur

Penyebab AC Tidak Dingin

Ada banyak hal bisa menyebabkan AC tidak dingin, rusak, ataupun hanya mengeluarkan angin saja, tentu saja ini sangat membuat anda tidak nyaman saat mengendarai mobil karena keadaan di dalam mobil gerah. Mungkin ini beberapa penyebab AC rusak adalah sebagai berikut.

Kotoran Pada Bagian Kondensor

Permasalahan ini sebenarnya masih sangat tergolong simpel, karena hanya terjadi adanya kotoran pada bagian kondensor. Dan seperti kita ketahui, kondensor memiliki fungsi membuang panas yang telah di keluarkan oleh kompressor.

Oleh karena itu bila ada kotoran pada kondensor, akibatnya adalah AC mobil anda tidak akan terasa dingin, karena tidak berfungsi dengan maksimal. Penumpukan kotoran pada kondensor yang tidak hilang juga dapat membuat berkarat atau terhalang kotoran. Ini membuat pembuangan panas dari kompressor tidak sempurna, dan AC mobil pun akan merasa panas.

Rusaknya Kompressor

Anda harus tahu jika kompressor lama kelamaan juga akan haus di karenakan usia dari pemakaian, salah satunya di tandai oleh sight glassnya akan berubah warna jadi hitam, Ini merupakan indikasi bahwa receiver drier ataupun expansion valve terhalang oleh banyaknya kotoran.

Tersumbatnya Evapurator

Debu yang banyak dan menumpuk dapat menjadi penyebab evapurator tersumbat, akibatnya AC mobil bisa saja hanya mengelurakan angin saja. Hal ini akan mengambat aliran udara dari blower menjadi terhambat dan otomatis sirkulasi AC tidak dapat berjalan dengan lancar. Debu dan kotoran dapat masuk melalui evapurator dari hisapan blower yang menghubungkan evapurator. Oleh karena itu kami akan menyarankan untuk lebih rajin membersihkan evapurator ataupun filter AC dengan rutin.

Matinya Motor Pada ExtraFan

Salah satu penyebab dari AC mobil tidak dingin bisa saja karena extra fan yang bermasalah, extra fan ini letaknya ada pada bagias depab dari kondensor. Anda dapat mengecek apakah extra fan tersebut berputar atau hanya diam saja. Jika memang hanya diam saja atau tidak berputar, itulah yang menyebabkan AC mobil anda tidak dingin.

Proses kondensasi tidak akan berjalan dengan optimal bila extra fan mati, padahal point inilah yang membuat suhu kondensor menjadi menurun. Saat extrafan mati, penurunan suhu tidak dapat terjadi dan kabin piun akan panas.

Freon atau Refrigrant Habis

Masalah yang sering terjadi jika AC tidak dingin adalah freon yang habis. Hal ini dapat terjadi karena adanya kebocoran pada sambungan pia atau pada selangnya, factor yang menyebabkan kebocoran ini bisa saja terjadi karena usia pemakaian atau haus.

Kebocoran reon dapat terjadi karena adanya kerusakan yang ada pada relief valve kompressor karena bocor secara perlahan atau cepat, freon atau refrigerant bisa keluar angin saja.

Dapatkan Update Kami Di https://www.youtube.com/c/Prioritasteknik

Kami siap Membantu Anda