Toyota Buka Opsi Perkenalkan Mobil Listrik BZ4X Ke Konsumen Indonesia Usai KTT G20

Share

PT Toyota Astra Motor(TAM) menyiapkan mobil listrik bZ4X untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung pada November 2022.

Toyota akan meminjamkan 143 unit bZ4X kepada panitia G20 untuk kepentingan mobilitas para peserta KTT di Bali.

“Statusnya itu semacam kolaborasi nanti Toyota meminjamkan panitia G20. Setelah itu kita berpikir seperti apa. Itu unit di beli,” tutur Marketing Director PT Toyota Astra Motor(TAM) Anton Jimmi Suwandy, di acara peresmian “EV Smart Mobility – Joint Project” di Sofitel Nusa Dua, Bali, Rabu (27 Juli 2022).

Setelah KTT G20, Toyota akan terus menunggu panduan dari manajer tentang perangkat bZ4X. Unit dapat diberikan langsung kepada konsumen.

“Kami masih mendiskusikannya dengan pengelola, tetapi keputusannya sekarang adalah mendukung G20,” jelasnya.

Sebagai referensi, Toyota bZ4X dikembangkan bersama Subaru menggunakan platform e-TNGA yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik.

Kendaraan listrik ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion 355 volt berkapasitas 71,4 kWh yang terletak di bawah lantai mobil.

Spesifikasi Kendaraan Listrik BZ4X yang Akan Digunakan Delegasi KTT G20 Bali

Untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Toyota menghadirkan kendaraan listrik BZ4X untuk memenuhi kebutuhan transportasi perwakilan negara anggota G20.

Toyota BZ4X adalah SUV 5 tempat duduk dengan penggerak roda depan dan penggerak roda depan.

Kendaraan listrik yang dipastikan akan dijual di Indonesia ini mengusung konsep modern dan berorientasi masa depan.

Desain grill berbentuk segi enam kecil di bagian bawah, dengan semacam “insang” vertikal di ujung kiri dan kanan kendaraan. Lampu depan LED empat elemen dan lampu depan Daytime Running Light (DRL) memiliki aksen garis.

Strip lampu LED memanjang dari kiri ke kanan dan bagian belakang menghiasi konsep LED yang ditumpuk secara horizontal.

Dimensi mobil ini adalah panjang 4690mm, lebar 1860mm, tinggi 1650mm, jarak sumbu roda 2850mm dan panjang interior 1940mm.

Kemudi kabin didesain seperti setir pesawat dengan fitur infotainment dengan layar lebar di bagian atas konsol tengah dan kontrol A/C di bagian bawah.

Konsol tengah berisi kontrol mode drive, tombol pemilihan sistem bantuan pengemudi, dan touchpad.

Toyota menawarkan dua pilihan atap: atap biasa (atap surya) atau atap panoramik.

Kendaraan ini dilengkapi dengan alternator sinkron AC. Penggerak roda depan memiliki output maksimum 150kW, dan penggerak semua roda memiliki output maksimum 160kW.

Kedua model mengemudi menggunakan baterai lithium-ion 355 volt yang terpasang di lantai kendaraan. Total energi yang dihasilkan adalah 71,4 kWh.

Dengan pengaturan baterai ini, Toyota BZ4X mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,4 detik.

Kendaraan ini memiliki berat 2.195 kg untuk penggerak roda depan dan 2.275 kg untuk versi AWD. Model penggerak roda depan dapat menempuh jarak hingga 500 km, dan model penggerak semua roda 460 km.

Versi standar mobil ini diperkirakan mulai dari Rs 866 juta, sedangkan versi teratas diharapkan mulai sekitar Rs 1,29 miliar.

Kami siap Membantu Anda