Ciri-Ciri Sparepart AC Mobil Yang Tidak Bisa Diservis Dan Harus Diganti

Share

Sistem pendingin udara (AC) pada mobil merupakan komponen yang sangat penting, terutama untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. AC mobil yang berfungsi dengan baik tidak hanya meningkatkan kenyamanan penumpang, tetapi juga membantu menjaga konsentrasi pengemudi di cuaca panas. Namun, seperti halnya komponen lainnya, sistem AC mobil juga rentan terhadap kerusakan seiring waktu.

Beberapa sparepart AC mobil memang bisa diperbaiki atau diservis, tetapi ada juga komponen yang tidak bisa diperbaiki dan harus diganti. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri sparepart AC mobil yang tidak bisa diservis serta alasan mengapa penggantian komponen tersebut lebih efektif daripada mencoba memperbaikinya.

  1. Kompresor AC yang Rusak Parah

Kompresor adalah salah satu komponen utama dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk memompa refrigeran ke seluruh sistem. Komponen ini sering disebut sebagai “jantung” AC mobil. Kompresor yang rusak bisa menyebabkan sistem AC tidak berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa ciri kompresor AC yang mengalami kerusakan parah dan tidak bisa diservis:

Suara Bising atau Berisik:

Jika kompresor mulai mengeluarkan suara bising atau berisik saat AC dinyalakan, ini bisa menjadi tanda kerusakan pada kompresor. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh bantalan kompresor yang sudah aus atau komponen dalam kompresor yang mengalami keausan.

Kebocoran Oli pada Kompresor:

Kompresor yang mengalami kebocoran oli juga merupakan tanda bahwa komponen ini tidak berfungsi dengan baik. Kebocoran oli bisa menyebabkan tekanan pada kompresor tidak stabil dan mempengaruhi performa AC secara keseluruhan.

Kompresor Tidak Berfungsi Sama Sekali:

Jika kompresor tidak bisa berputar atau sama sekali tidak berfungsi, ini menunjukkan bahwa kompresor tersebut mengalami kerusakan berat dan sudah tidak bisa diperbaiki. Dalam kondisi ini, perbaikan pada kompresor hanya akan menambah risiko kerusakan pada komponen lain di dalam sistem AC.

Kompresor yang mengalami kerusakan parah seperti di atas tidak dapat diservis dan harus diganti. Hal ini karena perbaikan pada kompresor yang rusak hanya akan memberikan solusi sementara, dan kerusakan bisa terjadi kembali dalam waktu singkat.

Kondensor yang Tersumbat atau Bocor

Kondensor adalah komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari refrigeran yang telah dikompresi oleh kompresor. Kondensor yang berfungsi dengan baik akan membantu menurunkan suhu refrigeran sehingga udara yang dikeluarkan AC tetap dingin. Namun, kondensor yang tersumbat atau mengalami kebocoran biasanya tidak dapat diperbaiki. Tanda-tanda kondensor mengalami kerusakan antara lain:

AC Terasa Tidak Dingin:

Jika AC terasa tidak dingin meskipun refrigeran telah diisi ulang, hal ini bisa disebabkan oleh kondensor yang mengalami masalah, seperti tersumbat atau mengalami kebocoran.

Minyak atau Cairan Bocor di Sekitar Kondensor:

Adanya minyak atau cairan yang bocor di sekitar kondensor merupakan tanda adanya kebocoran pada komponen ini. Kebocoran ini bisa disebabkan oleh kerusakan fisik atau korosi pada kondensor.

Korosi atau Karat pada Kondensor:

Jika kondensor mengalami korosi atau berkarat parah, kinerja komponen ini akan menurun dan biasanya tidak bisa diperbaiki. Karat atau korosi ini biasanya terjadi akibat paparan air atau kelembaban dalam waktu yang lama.

Dalam kondisi tersebut, kondensor yang rusak harus diganti dengan yang baru karena penggantian akan lebih efektif dan ekonomis daripada mencoba memperbaiki kondensor yang tersumbat atau bocor.

Evaporator yang Bocor

Evaporator adalah komponen yang bertugas mengubah refrigeran menjadi udara dingin. Dalam sistem AC, evaporator adalah bagian yang memastikan udara dingin dapat tersebar merata di dalam kabin mobil. Bila evaporator mengalami kebocoran, maka udara dingin yang dihasilkan AC tidak akan maksimal. Ciri-ciri evaporator yang mengalami kebocoran antara lain:

AC Terasa Tidak Dingin:

Jika AC terasa tidak dingin meskipun telah diatur pada suhu paling rendah, hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada evaporator.

Bau Tidak Sedap dari Ventilasi AC:

Jika tercium bau tidak sedap dari ventilasi AC, hal ini bisa menjadi tanda bahwa evaporator bocor atau mengalami kebocoran. Bau ini biasanya disebabkan oleh kebocoran refrigeran yang terakumulasi di sekitar evaporator.

Evaporator yang mengalami kebocoran pada umumnya tidak bisa diservis dan lebih baik diganti. Penggantian evaporator yang bocor juga bertujuan untuk mencegah kebocoran yang lebih besar serta menjaga kebersihan sistem AC mobil.

Dryer atau Filter Drier yang Tersumbat

Dryer atau filter drier adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring uap air dan kotoran dari refrigeran. Filter ini penting karena dapat menjaga agar refrigeran tetap bersih dan tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lain dalam sistem AC. Bila dryer atau filter drier tersumbat, aliran refrigeran akan terganggu dan AC kehilangan efisiensinya dalam mendinginkan udara. Beberapa tanda filter drier mengalami masalah adalah :

AC Tidak Mengeluarkan Udara Dingin:

Filter drier yang tersumbat menyebabkan aliran refrigeran tidak lancar, sehingga AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin.

Pembekuan pada Beberapa Bagian AC:

ika terjadi pembekuan pada komponen AC, ini bisa menjadi tanda bahwa filter drier mengalami penyumbatan.

Filter drier yang tersumbat biasanya tidak bisa dibersihkan dan harus diganti. Dengan mengganti filter drier, aliran refrigeran bisa kembali lancar dan menjaga performa AC mobil.

Magnetic Clutch yang Aus atau Rusak

Magnetic clutch adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran kompresor sesuai kebutuhan. Komponen ini memungkinkan kompresor bekerja hanya ketika diperlukan, sehingga menghemat energi dan memperpanjang umur kompresor. Bila magnetic clutch mengalami kerusakan, AC akan sering mati mendadak atau bahkan tidak bisa menyala sama sekali. Beberapa tanda magnetic clutch yang aus atau rusak adalah:

AC Sering Mati Mendadak:

Jika AC sering mati mendadak saat digunakan, kemungkinan magnetic clutch sudah aus atau tidak berfungsi dengan baik.

AC Tidak Bisa Menyala Sama Sekali:

Jika magnetic clutch rusak parah, AC mungkin tidak bisa dinyalakan sama sekali, karena kompresor tidak dapat berputar.

Magnetic clutch yang mengalami kerusakan parah tidak dapat diperbaiki dan perlu diganti dengan yang baru. Penggantian magnetic clutch yang rusak adalah solusi terbaik untuk menjaga performa AC tetap optimal.

Mengapa Penggantian Sparepart Lebih Disarankan Daripada Perbaikan

Beberapa komponen AC mobil memang bisa diperbaiki atau diservis. Namun, untuk komponen-komponen seperti kompresor, kondensor, evaporator, filter drier, dan magnetic clutch, penggantian biasanya lebih disarankan karena alasan berikut:

  1. Efektivitas Jangka Panjang:

Penggantian komponen yang rusak parah lebih efektif karena memperpanjang umur sistem AC secara keseluruhan.

  1. Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut:

Komponen yang rusak bisa mempengaruhi komponen lain jika tidak diganti. Misalnya, kompresor yang rusak bisa mempengaruhi evaporator dan kondensor.

Penghematan Biaya Jangka Panjang:

Meski biaya penggantian lebih tinggi, penggantian memberikan hasil yang lebih tahan lama dibanding perbaikan sementara yang bisa saja memerlukan biaya tambahan di masa depan.

Mengetahui ciri-ciri sparepart AC mobil yang tidak bisa diservis sangat penting agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat saat AC mobil mengalami masalah. Jika menemukan tanda-tanda kerusakan pada komponen AC seperti kompresor yang berisik, kondensor bocor, atau evaporator tidak dingin, maka lebih baik melakukan penggantian daripada mencoba memperbaiki kerusakan tersebut. Jika Anda mengalami masalah pada AC mobil, sebaiknya segera konsultasikan dengan bengkel AC terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Lakukan Booking Sekarang, dan dapatkan Promonya

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL