Dampak buruk jarang memakai AC mobil saat perjalanan

Share

Apakah anda sering menghindari penggunaan AC mobil saat berpergian? Selain mengejar efisiensi bahan bakar, ada beberapa dampak buruk yang mungkin tidak anda sadari. Mari sama – sama kita telusuri lebih jauh tentang bagaimana keputasan ini dapat mempengaruhi kenyamanan, kesehatan, dan bahkan kinerja anda saat berkendara.

AC mobil telah menjadi fitur yang hampir tidak terpisahkan dalam kendaraan saat ini. Banyak orang yang mengandalkan AC mobil untuk memberikan kesejukan saat berkendara, terutama dalam cuaca yang panas. Namun, ada beberapa orang yang lebihi memilih untuk jarang menggunakan AC saat perjalanan, baik karena alasan hemat energi atau memang tidak nyaman dengan udara yang terkondisikan.

Meskipun terlihat seperti piliham yang amsuk akal, ternyata jarang menggunakan AC mobil saat perjalanan dapat memberikan dampak buruk bagi kendaraan dan juga kesehatan pengemudi dan penumpang. Mari sama – sama kita ketahuo dampak buruknya.

Kerusakan Pada Mesin Mobil

Salah satu dampak yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada mesin mobil. AC mobil memiliki fungsi mendinginkan udara yang masuk ke dalam ruang mesin. Dengan tidak menggunakan AC, suhu dalam mesin akan lebih tinggi, sehingga dapat mengakibatkan gesekan yang berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin seperti piston, ring piston, dan klep. Selain itu, peningkatan suhu pada mesin juga dapat mempercepat proses oksidasi dan pemakaian oli, yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Boros Konsumsi Bahan Bakar

Selain kerusakan pada mesin, jarang menggunakan AC mobil juga dapat menyebabkan boros konsumsi bahan bakar. hal ini di karenakan mesin yang bekerja lebih keras untuk membawa udara yang lebih dingin ke dalam ruang kabin. Tanpa adanya AC, mesin dapat bekerja lebih ringan dan efisien, sehingga konsumsi abahan bakar menjadi lebih hemat.

Kesehatan Pengemudi Dan Penumpang Terpengaruh

Dengan tidak menggunakan AC mobil saat perjalanan, suhu dalam ruang kabin akan lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan pengemdui dan penumpang menjadi mudah lelah dan mengantuk, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Selain itu, udara yang tidak terkondisian juga dapat memperburuk kondisi orang yang memiliki masalah pernafasan atau alergi udara.

Meningkatkan Resiko Kecelakaan

Masalah kesehatan yang terjadi akibat tidak menggunakan AC mobil juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Kondisi yang tidak nyaman dan berkualitas udara yang buruk dapat membuat pengemudi menjadi tidak fokus dan mudah mengantuk. Hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan yang dapat berbahaya bagi pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

Bau dan Kelembaban Di Dalam Mobil

Dengan tidak menggunakan AC, udara dala ruang kabin akan menjadi lebih lembab dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Hal ini dapat terjadi karena AC juga berfungsi sebagai pengontrol kelembapan yang tinggi juga dapat menyebabkan munculnya jamur dan bakteri, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan pengemudi dan penumpang.

Demikianlah beberpa dampak buruk yang dapat terjadi akibat anda jarang menggunakan AC mobil saat perjalanan. Meskipun terlihat seperti pilihan yang menguntungkan, sebaiknya tetaplah menggunakan AC secara teratur untu mencegah kerusakan pada mesin, meningkatkan kenyaman selama perjalanan, dan mejaga kesehatan pengemudi dan penumpang. Selalu lakukan pengecekan di bengkel AC mobil langganan anda.

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL