Kerusakan AC Mobil yang Sering Diabaikan Pemilik Mobil

Share

Meskipun Sepele, Kerusakan Ini Bisa Merusak AC Mobil Anda Secara Perlahan

Saat berbicara tentang perawatan mobil, seringkali pemilik mobil lebih fokus pada mesin, rem atau oli mesin. Namun, ada satu komponen penting yang kerap diabaikan, yaitu sistempendingin udara atau AC mobil. AC yang tidak terawat dengan baik dapat mengalami berbagai kerusakan yang pada akhirnya akan merugikan pemilik mobil. Dan berikut ini adalah beberapa kerusakan AC mobil yang sering diabaikan oelh pemilik mobil :

Kompressor AC Bermasalah

Kompressor AC bertanggung jawab untuk mengompres refrigeran yang di perlukan untuk pendinginan udara. Kerusakan pada kompressor bisa di sebabkan oleh bergbagai faktor, seperti kurangnya pelumasan yang tepat, kotoran yang masuk ke dalam sistem, atau umur pakai yang sudah cukup lama. Pemilik mobil seringkali tidak menyadari gejala awal kerusakan kompressor, seperti suara berisik atau penurunan performa pendinginan.

Kondensor Tersumbat

Kondensor AC berfungsi untuk mendinginkan refrigeran yang telah di panaskan oleh komressor. Kondensor yang tersumbat oleh kotoran atau debris dapat menyebabkan penurunan performa pendingin AC. Pembersihan kondensor sebaiknya di lakkan secara teratur untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

Evapurator Rusak

Evapurator adalah bagian AC yang bertanggung jawab untuk mengubah refirgeran menjadi gas, sehingga mengahsilkan udara dingin. Kerusakan pada evapurator dapat menyebabkan bocornya refrigeran atau bahkan kebocoran gas refrigeran yang berpotensi merugikan lingkungan.

Kompressor AC Overload

Penggunaan AC secara berlebihan atau pada suhu yang ekstrem dapat menyebabkan kompressor AC bekerja lebih dari biasanya, yang akhirnya dapat menyebabkan overload. Overload pada kompressor dapat merusak komponen – komponen lain dalam sistem AC.

Filter Tersumbat

Filter AC berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem AC. Jika filter tersumbat oleh debu atau kotoran lainnya, maka udara yang keluar dari AC akan tercemar dan performa pendinginan akan menurun.

Untuk menghindari kerusakan AC mobil yang sering diabaikan, sebaiknya lakukan perawatan rutin AC mboil secara berkala. Perawatan tersebut meliputi pembersihan filter, pemeriksaan kondisi selang selang, dan service berkala oleh teknisi AC mobil yang berpengalaman. Dengan melakukan perawatan yang tepat, AC mobil anda akan tetap berfungsi dengan baik dan nyaman di gunakan dalam perjalanan.

Kami siap Membantu Anda