Kenapa Oli Kompressor AC Sering Berubah Hitam? Simak Penjelasannya!

Share

Salah satu masalah umum yang sering di hadapi oleh pemilik kendaraan adalah perubahan warna oli kompressor AC menjadi hitam. Hal ini dapat menjadi pertanda adanya masalah dalam sistem AC mobil yang perlu segera ditangani.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa oli kompressor AC sering berubah hitam :

Kontaminasi Partikel Kotoran Atau Metal

Salah satu penyebab utama perubahan warna oli kompressor AC adlaah kontaminasi oleh partikel kotoran atau metal. Pertikel – partikel ini dapat masuk ke dalam sistem AC dan mengotori oli, menyebabkan perubahan warna menjadi hitam. Kontaminasi ini biasanya di sebabkan oleh keausan komponen AC atau kbocoran yang memungkinkan benda asing masuk ke dalam sistem.

Panas Berlebih

Panas berlebih dalam sistem AC juga dapat menyebabkan perubahan warna oli menjadi hitam. Saat suhu di dalam sistem AC gerlalu tinggi, oli dapat mengalami degradasi dan menghasilkan endapan yang membuatnya berubah warna.

Penggunaan Oli Yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang di rekomendasikan oleh produsen juga dapat menyebabkan perubahan warna oli kompressor AC. Oli yang tidak sesuai mungkin tidak mampu melindungi komponen – komponen AC dengan baik, sehingga meningkatkan resiko terjadinya kontaminasi atau degradasi.

Tips Mencegah Perubahan Warna Oli Kompressor AC

Lakukan perawatan rutin pada sistem AC mobil, termasuk penggantian oli secaa teratur sesuai dengan rekomendasi dari produsen mobil anda. Selanjutnya anda bisa menghindari penggunaan oli yang tidak sesuai dan spesifikasi yang di rekomendasikan oleh produsen. Dan yang terakhir periksa sistem AC secara berkala untuk mendeteksi adanya kebocoran atau kerusakan pada komponen – komponen penting.

Perubahan warna oli kompressor AC menjadi hitam bisa jadi indikasi adanya masalah dalam sistem AC mobil yang perlu segera di tangani. Dengan melakukan perawatan rutin dan menggunakan oli yang sesuai, anda dapat mencegah perubahan warna oli dan menjaga kinerja AC mobil anda tetap optimal.

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL