Mengenal Lebih Dalam tentang Werstan atau Resistor AC Mobil dan Fungsi Utamanya

Share

Pernakah anda bertanya-tanya apa itu yang di sebut dengan werstan atau resistor AC mobil dan kenapa komponen ini begitu penting dalam sistem AC kendaraan anda? Yuk sama sama kita telusuri bersama untuk mengenal lebih dalam tentang komponen yang sering kali diabaikan ini namun memegang peranan utama dalam kenyamanan berkendara.

Werstan atau resistor AC mobil adalah komponen penting yang berperan sangat besar dalam sistem pendingin udara ( AC ) pada mobil. Meskipun sering kali diabaikan, namun tanpa adanya werstan, sistem AC mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal lebih dalam tentang werstan serta fungsi utamanya dalam AC mobil.

Apa Itu Werstan?

Werstan adalah singkatan dari wirewound resistor yang berarti resistor yang terbuat dari kawat lilitan. Resistor ini biasanya berbentuk seperti tabung kecil dengan kawat lilitan didalamnya. Pada mobil, werstan sering kali di letakan di dalam kotak resostor yang terhubung dengan sistem pendingin udara di dalam kabin.

Fungsi Utama Werstan Dalam AC Mobil

Werstan memiliki fungsi utama sebagai pengatur kecepatan kipas pada sistem AC mobil. Ketika AC dinyalakan, terdapat arus listrik yang mengalir melalui werstan dan memanaskan kawat lilitanya. Semakin panas kawat lilitan tersebut, semakin tinggi hambatan listriknya. Dengan demikian, kecepatan kipas AC juga akan menungkat sesuai dengan suhu yang di hasilkan oelh werstan.

Selain itu, werstan juga berfungsi sebagai pengontrol tegangan yang masuk ke kipas AC. Hal ini sangat penting karena jika tegangan yang amsuk terlalu tinggi, kipas akan berputar terlalu cepat dan dapat menyebabkan kerusakan pada sitem AC. Dengana danya werstan, teganga yang masuk dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan menjaga kipas tetap berputar dengan kecepatan yang sangat tepat.

Meskipun werstan memiliki fungsi utama yang lumayan penting dalam sistem AC mobil, namun komponen ini juga rentan mengalami masalah. Beberapa masalah yang sering terjadi pada werstan di antarany adalah :

Terbakar

Jika terbakar kabel yang terputus atau terjadi hubung singkat pada kawat lilitan werstan, maka resisor ini dapat terbakar dan tidak berfungsi lagi.

Konslet

Jika terdapat kabel yang bersentuhan atau terdapat kebocoran pada kotak resistor, maka akan menjadi konslet dan menyebabkan fungsi werstan menjadi tidak stabil

Kotor Atau Rusak

Werstan yang kotor atau rusak dapat menyebabkan hambatan listriknya menjadi tidak stabil dan menyebabkan kecepatan kipas AC tidak teratur.

Oleh karena itu, perawatan yang baik dan perhatian yang lebih pada werstan dapat mencegah masalah yang sering terjadi pada komponen ini.

Werstan atau resisotr AC mobil adalah komponen penting yang berperan sebagai pengatur kecepatan kipas dan tegangan yang masuk ke sistem AC mobil. Terdapat dua jenis werstan yang umum digunakan, yaitu fixed resistor dan variable resistor. Namun, seperti hslnys komponen lain, werstan juga rentan mengalami masalah.

Kami siap Membantu Anda