Waspada! Inilah Jenis Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Kondensor

Share

Kondensor merupakan salah satu komponen yang penting dala sistem pendingin udara pada kendaraan. Kondensor bekerja untuk menjaga suhu udara yang masuk ke sistem pendingin agar tetap sejuk dan nyaman saat di gunakan. Namun, tidak sedikit orang yang mengabaikan perawatan kondensor dan akhirnya mengalami kerusakan pada komponen tersebut. Apa saj jenis kerusakan yang sering terjadi pada kondensor? Mari sama sama kita simak ulasan berikut ini.

Kondensor Bocor

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada kondensor adalah kebocoran. Hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia kondensor yang sudah tua, sering terkena benturan, atau kerusakan pada bagian koneksi pipa. Kondensor bocor akan menyebabkan pendingin udara tidak bekerja secara optimal dan akhirnya menimbulkan masalah pada sistem pendingin secara keseluruhan.

Kerusakan Pada Kisi – Kisi Kondensor

Kisi – kisi yang terdapat pada kondensor berfungsi untuk mengalirkan udara sehingga suhu udara yang masuk ke sistem pendingin dapat terkontrol. Namun, kisi – kisi tersebut dapat rusak akibat sering terkena kotoran atau benturan. Jika kisi – kisi rusak, udara tidak akan dapat teralir dengan baik dan menyebabkan pendingin udara tidak bekerja secara maksimal.

Pipa Kondensor Tersumbat

Pipa yang terdapat pada kondensor adalah jalur utama yang di gunakan untuk mengalirkan udara. Jika pipa tersebut tersumbat oleh kotoran atau kerak, udara tidak akan dapat mengalir dengan lancar dan akan berdampak pada kinerja sistem pendingin udara yang menurun. Pipa yang tersumbat juga dapat menyebabkan tekanan pada kompressor meningkat, yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem pendingin.

Kondensor Kotor

Kotoran yang menempel pada kondensor dapat menyebabkan berkurangnya aliran udara yang masuk ke sistem pendingin. Hal ini dapat mengakibatkan overheat pada mesin, sehingga performa kendaraan menurun dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Selain itu, kotoran yang menempel pada kondensor dapat menyebabkankorosi dan mempercepat kerusakan pada komponen tersebut.

Setelah mengetahui jenis kerusakan yang sering terjadi pada kondensor, perawatan yang tepat perlu di lakukan agar kondensor tetap berfungsi dengan baik. Perawatan yang dapat di lakukan antara lain dengan membersihkan kotoran secara berkala, memeriksa kondisi kisi – kisi secara rutin, dan melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada komponen. Dengan demikian, kondensor dapat bekerja dengan optimal dan menjaaga kualitas udara di dalam kendaraan tetap sejuk dan nyaman. Jika anda mengalami kerusakan pada AC mobil anda, langsung saja anda datang ke bengkel Prioritas Jaya AC yang ada di Cibubur Jakarta Timur.

Kami siap Membantu Anda