5 Komponen AC Mobil yang Tidak Boleh Anda Abaikan untuk Menjaga Kenyamanan Berkendara

Share

Siapa Yang tidak suka berpergian dengan mobil yang nyaman dan juga sejuk, terlebih lagi saat cuaca panas? Nah, untuk memastikan itu semua terjadi, mari kita kenali komponen utama AC mobil berserta fungsinya yang akan membuat perjalanan anda semakin menyenangkan.

Komponen Utama AC Mobil Beserta Fungsinya

Saat ini, AC mobil sudah menjadi hal yang umum dan bahkan menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Terlepas dari cuaca panas atau dingin, AC mobil mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil. Namun, ada banyak hal yang perlu di ketahui tentang AC mmobil, salah satunya adalah komponen – komponen utamanya beserta fungsinya. Dengan mengetahui komponen – komponen tersebut, kita dapat memahami bagaimana AC mobil bekerja dan juga dapat memahami bagaimana AC mobil bekerja dan juga dapat mengetahui penyebab masalah yang terjadi pada AC mobil.

Kompressor

Kompressor merupakan komponenpaling utama yang ada pada sistem AC mobil. Kompressor berfungsi untuk mengubah gas refrigeran menjadi cairan dengan meningkatkan tekanan dan suhu yang ada pada gas refrigeran. Cairan ini nantinya akan di gunakan untuk menyerap panas yang ada di dalam mobil. Kompressor biasanya di letakan di bagian depan mesin mobil dan di tenagai oleh mesin melalui sabuk penggerak.

Kondensor

Kondensor adalah komponen yang berada di dapan mobil dan berfungsi untuk mendinginkan gas refrigrean yang telah di panaskan oleh kompressor. Proses ini terjadi karena kondensor memiliki udara yang lebih dingin gasr refirgeran, sehingga gas refrigeran dapar berubah menjadi cairan. Cairan tersebut nantinya akan mengalir menuju ke evapurator.

Evapurator

Evapurator merupakan komponen yang berfungsi untuk menyerap panas yang ada di dalam mobil. Cairan refrigeran yang telah di panaskan dari kondensor akan masuk ke dalam evapurator dan menguap menjadi gas. Proses ini menyebabkan suhu udara di dalam mobil menjadi lebih dingin. Evapurator biasanyan di tempatkan di dalam dashboard mobil.

Expansion Valve

Expansion Valve adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur aliran cairan refigeran yang masuk ke evapurator. Komponen ini memungkinkan cairanrefrigeran yang telah dipanaskan oleh kompressor untuk menyebar secara merata di dalam evapurator sehingga proses pendinginan menjadi lebih efisien.

Dari semua penjelasan di atas, dapat di lihat bahwa setiap komponen pada sistem AC mobil memiliki peran penting dalam menjaga kenyamanan pengguna mobil. Semua komponen tersebut bekerja kenyamanan pengguna mobil. Semua komponen tersebut bekerja secara bersama – sama untuk menghasilkan udara yang dingin dan pemeliharan yang teapt pada sistem AC mobil sangat di perlukan untuk memastikan agar semua komponen dapat berfungsi dengan sangat baik.

Dengan mengetahui komponen – komponen utama AC mobil beserta fungsinya, di harapkan dapat membuat kita lebih memahami cara kerja sistem AC mobil dan dapat mengatasi masalah yang terjadi secara tepat. Selain itu,pemahaman tentang komponen – komponen tersebut juga dapat membantu kita dalam memilih bengkel yang tepat untuk melakukan perawatan dan perbaikan AC mobil.

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL