Cara Sederhana Agar AC Mobil Lebih Awet

Share

Untuk menjaga agar AC mobil anda tetap awet dan berfungsi dengan baik, inilah cara sederhana agar ac mobil lebih awet di antaranya adalah :

Gunakan AC Secara Teratur

Meskipun terkadang anda mungkin ingin menghemat bahan bakar ataupun listrik dengan tidak selalu menyalakan AC, penting sekali untuk menggunakan AC secara teratur, bahkan jika hanya ingin beberapa menit setiap minggunya. Ini akan membantu menjaga sistem tetap berfungsi dengan baik dan mencegah komponen AC mengalami masalah karena ketidakaktifan yang berkepanjangan.

Nyalakan AC dengan Kipas Angin Rendah Dahulu

Ketika anda baru saja menyalakan mobil ataupun baru saja memulai perjalanan atau mobil telah terparkir dalam jangka waktu yang panjang dan juga di tempat panas, nyalakan lah AC dengan kipas angin pada tingkat rendah terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum mengatur suhu yang lebih dingin. Cara ini sangat membantu mengurangi beban kerja sistem AC dan memberikan waktu menyirkulasi udara di dalam kabin.

Periksa Filter udara AC secara teratur

Lakukanlah pemeriksaan ruti dan perawatan AC pada bengkel yang terpercaya. Ini juga termasuk pemeriksaan gas refrigeran, pelumasan komponen yang bergerak, pembersihan saluran drainase, dan juga pengecekan keseluruhan untuk memastika semuanya berfungdi dengan baik.

Baca Juga : Bengkel AC Mobil Terbaik Jakarta Timur

Bengkel AC Mobil Cibubur

Parkir Di Tempat Teduh

Saat anda memarkirkan kendaraan anda, usahakan untuk mencari tempat yang teduh ataupun menggunakan sunshade di jendela untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam kabin. Jika suhu di dalam mobil tidak terlalu panas, beban kerja AC akan berkurang ketika anda menggunakannya.

Matikan AC Sebelum Mematikan Mesin

Sebelum mematikan mesin mobil,matikan AC terlebih dahulu. Hal ini membantu anda mencegah kelembapan di dalam sistem AC yang dapat menyebakan pertumbuhan bakteri ataupun jamur.

Dengan menerapkan kebiasaan – kebiasaan yang sangat sederhana ini, anda dapat membantu menjaga AC mobil dalam kondisi yang baik dan meningkatkan masa pakainya. Tetaplah anda berhati – hati dan bijaksana dalam menggunakan AC mobil.

Apakah Ada Serangga Di Sparepart AC Mobil Kita…???

Ada kemungkinan bahwa serangga atau hewan keci dapat bersarang atau bersembunyi di sektar sparepart AC mobil. Beberapa bagian dalam sistem AC mobil, terutama di daerah saluran udara dan filter, dapat menjadi tempat bagi serangga seperti semut, kecoa. lab – laba, dah bahkan binatang seperti tikus kecil pun bisa bersarang di mobil anda.

Serangga dapat tertarik untuk mencari tempat yang hangat dan berlindung, terutama ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama ataupun ketika mobil anda diparkir di tempat yang tidak terawat. Kondisi ini membuat ruang kabin dan bagian AC menjadi tempat yang menarik bagi serangga untuk bersarang.

Jika serangga ataupun hewan kecil bersarang di dalam sistem AC mobil, ini bisa menyebabkan masalah, di antara lain adalah :

Penurunan Aliran Udara

Sarang dan kotoran serangga dapat menyumbat saluran udara dan filter AC, mengurangi aliran udara yang keluar dari ventilasi.

Bau Tidak Sedap

Serangga yang mati atau kotoran, mereka dapat menyebabkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil

Kerusakan Pada Komponen AC

Hewan pengerat seperti tikus ataupun yang lainya dapat merusak kabel, selang atapun komponen lain dalam sistem AC jika mereka menggiggitnya untuk berasarang ataupun mencari makanan.

Dapatkan Info Terbaru Kami DI Tiktok Kami : https://www.tiktok.com/@prioritasjayaac3?lang=en

Kami siap Membantu Anda