Mengapa Freon AC Mobil Bisa Berkurang..? - Prioritas Jaya AC

Mengapa Freon AC Mobil Bisa Berkurang..?

Share

Freon AC mobil dapat berkurang karena adanya kebocoran dalam sistem AC, seperti selang, fitting, konektor, atau bagian lainnya. Ketika ada kebocoran, freon secara perlahan akan keluar dari sistem, menyebabkan berkurangnya jumlah freon dan menurunkan tekanan dalam sistem.

Ada beberapa alasan mengapa kebocoran dapatterjadi dalam sistem AC mobil, antara lain :

Komponen Yang Aus Atau Rusak

Seiring waktu, komopnen sistem AC mobil dapat mengalami keausan ataupun kerusakan. Ini bisa termasuk selang yang retak, fitting yang longgar, atau o-ring yang aus. Jika komponen – komponen ini tidak berfungsi dengan baik, mereka dapat menajdi sumber kebocoran.

Korosi Atau Kerusakan Fisik

Kerusakan fisik pada komponen sistem AC juga dapat menyebabkan kebocoran. Misalnya, jika pipa atau kondensor sistem AC terkorosi atau rusak akibat benturan atau keausan, freon dapat bocor melalui area yang rusak.

Tegangan Yang Berlebihan

Tegangan listrik yang tidak stabil atau berlebiham dalam sistem AC juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan menyebabkan kebocoran. Misalnya adalah, jika ada lonjakan tegangan yang tiba – tiba, dapat merusak komponen seperti Kompressor AC dan menyebabkan kebocoran freon.

Penting sekali untuk memperbaiki kebocoran freon secepat mungkin, karena kebocoran yang tidak di atasi akan mengakibatkan penurunan kinerja AC, biaya perbaikan yang lebih tinggi, dan juga bahkan kerusakan yang sangat fatal pada sistem AC mobil anda. Jika terjadi seperti ini, anda bisa langsung bawa mobil anda ke bengkel AC mobil terdekat di tempat anda.

Bengkel AC Mobil Jakarta Timur

Mencegah Agar Freon Tidak Berkurang Dengan Cepat

Perawatan Dan Pemeriksaan Rutin

Lakukan lah perawatan dan pemeriksaan rutin pada AC mobil anda, yang di lakukan oleh mekanik profesional/ Dalam pemeriksaan rutin, mekanik dapat memeriksa adanya kebocoran dan memastikan sistem AC berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan untuk menggnati filter udara secara teratur dan membersihkan kondensor untuk menjaga kinerja sistem AC.

Hindarilah Kerusakan Fisik

Anda juga dapat menghindari benturan atau kerusakan fisik pada komponen AC mobil anda. Pastikan anda mengemudi dengan hati – hati dan menghindari kecelakaan atau benturan yang dapat merusak komponen, seperti pipa, selang, atau kondensor. Periksa secara teratur kondisi selang dan pipa untuk memastikan tidak ada kerusakan yang bisa menyebabkan kebocoran freon.

Hindari Pengisian Freon Yang Tidak Resmi

Pastikan anda mengisi ulang freon AC mobil anda hanya dengan bantuan mekanik profesional dan menggunakan freon asli atau resmi. Mengisi ulang freon yang tidak sesuai atau tidak resmi dapat mengakibatkan masalah pada sistem AC dan menyebabkan kebocoran freon.

Dengan menjaga perawatan dan mengikuti langkah – langkah pencegahan seperti di atas, anda dapat mengurangi resiko kebocoran freon dan memastikan sistem AC mobil berfungsi dengan baik. Penting juga untuk selalu berkonsultasi dengan bengkel AC mobil langganan anda.

Bengkel AC Mobil Cibubur Jakarta Timur

Dapatkan info terbaru kami di instagram kami : https://www.instagram.com/prioritas_jaya_head_office/

Kami siap Membantu Anda