Beberapa Kerusakan Evapurator AC Mobil

Share

Mungkin bagi anda yang memiliki kendaraan roda empat, sudah tidak asing lagi dengan sparepart AC mobil yang di sebut dengan evapurator. Mungkin juga ada yang belum tahu tentagn evapurator itu apa, pasalnya evapurator terletak di dalam dashboard mobil. Jadi evapurator tidak terlihat oleh kasat mata, dan sering sekali kita mnegabaikan kebersihan dari evaapurator mobil kita. Beberapa kerusakan evapurator yang mungkin sering terjadi adalah Evapurator Berlendir, Evapurator Kropos, ataupun Evapurator bocor.

Jika sudah seperti itu, anda harus langsung ke bengkel AC mobil terdekat untuk pengecekan AC mobil anda, sekaligus melihat kondisi dari evapuratornya. Jika sudah terjadi kerusakan seperti itu, saran kami adalah mengganti dengan evapurator yang baru saja. Karena jika hanya di lakukan pembersihan, kemungkinan evapurator anda tidak akan bertahan lama.

Berikut ini kami akan menjabarkan kerusakan yang ada pada evapurator di anataranya adalah :

Evapurator Berlendir

Bengkel AC Mobil Cibubur

Beberapa penyebab evapurator berlendir di antaranya :

Kelembaban Tinggi

Jika kelembaban udara di sekitar evapurator sangat tinggi, maka lendir atau embun beku dapat terbentuk pada permukaan evapurator. Kelembaban yang tinggi menyebabkan air terkondensasi pada permukaan dingin evapurator, yang kemudian akan berubah menajdi lendir.

Kotoran Dan Debu

Nah, jika evapurator terkena kotoran, debu, atau serbuk sari, partikel – partikel ini dapat terjebak di permukaan evapurator dan menyebabkan lendir terbentuk. Kotoran atau debu bisa berasal dari udara yang masuk ke sistem pendingin melalui filter yang rusak atau tidak efektif.

Sistem Pendingin Yang Tidak Efisien

Jika sistem pendingin tidak berfungsi sama sekali, misalnya suhu ruangan terlalu rendah atau refrigeran yang tidak tepat. Maka kondisi berlebihan dapat terjadi pada evapurator dan menyebakan lendir.

Jika evapurator mobil anda mengeluarkan lendir, sebaikan anda bisa langsung ke bengkel AC mobil terdekat untuk bisa di ganti dengan evapurator yang baru. Agar AC yang masuk ke dalam ruangan kabin mobil anda sehat dan bisa di rasakan kenyamanannya oleh anda dan juga yang berada di dalam mobil anda.

Evapurator Kropos

Bengkel Spesialis AC Mobil Cibubur

Evapurator yang kropos atau korosi dapat di sebabkan oleh beberapa faktor berikut, di antaranya :

Korosi

Korosi atau karat itu adalah penyebab umum evapurator menjadi kropos Kelembaban tinggi, kehadiran air atau kelembababn terlebih, serta keberadaan bahan kimia yang korosi dapat menyebabkan timbulnya korosi pada permukaan evapurator.

Keausan Atau Umur Operasional

Lama penggunaan suatu benda juga dapat menyebakna kerusakan. Contohnya pa evapurator ini, lama penggunaan yang berkepanjangan dan pemakaian yang berlebih dapat menyebabkan evapurator menjadi aus dan kropos seiring waktu.

Pentign sekali untuk menjaga kondisi dan kebersihan evapurator dengan baik. Memantau dan menjaga keseimbangan PH dalam sistem pendingin, mengendalikan kelembaban lingkungan, serta mencegah masuknya bahan kimia korosif ke dalam sistem adalah beberapa langkah yang dapat di ambil untuk menghindari kerusakan dan kropos pada evapurator anda.

Evapurator Bocor

Bengkel AC Mobil Cibubur

ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan kebocoran pada evapurator :

Korosi

Nah, korosi memang salah satu penyebab kebocoran yang paling utama. Karena korosi menentukan dari lamanya pemakaian evapurator anda. JIka terjdai korosi pada evapurator anda, brati anda sudah harus siap jika evapurator anda mengalami kebocoran.

Kebocoran Pada Sambungan

Evapurator terhubung dengan pipa dan fitting lain dalam sistem pendingin. Jika sambungan tersebut tidak terpasanag dengan benar atau mengalami keausan, dapat terjadi kebocoran pada titik – titik sambungan tersebut.

Instalasi Yang Buruk

Jika evapurator tidak dipasang dengan benar selama proses instalasi, misalnya jika tidak ada pengencangan yang cukup pada sambungan pipa atau jika tidak di gunakan segel yang tepat, dapat menyebabkan kebocoran.

Dapatkan Update Terbaru Di Yotube Kami : https://www.youtube.com/@Prioritasteknik

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL