Berapa Umur Sparepart AC mobil…?

Share

Mungkin anda sebagai pengendara roda empat jarang sekali memikirkan kapan harus melakukan perawatan untuk AC mobil anda? Namun, anda perlu sekali katahui, bahwa umur dari sparepart AC mobil anda itu ada ketentuannya dan harus segera di ganti bilamana sudah mencapai batas waktunya. karena jika di biarkan saja, sparepart AC mobil anda akan megalami kerusakan yang parah dan biaya yang di keluarkan pun cukup mahal.

Umur suatu sparpart AC mobil ssangatlah bervariasi, tergantung pada jenisnya, mereknya dan juga kondisi penggunaanya. Namun secara umum, beberapa komponen utama pada sistem AC mobil memiliki umur pakai yang dapat dihitung dalam ribuan jam.

Berikut ini adalah beberapa komponen AC mobil dan umur perkiraan mereka :

Kompresor AC

Umur pakai sekitar 8 – 10 tahun atau sekitar 100.000 – 150.000 km.

Kondesor AC

Umurpakai sekitat 8 – 10 tahun atau lebih lama.

Evapurator AC

Umur pakai sekitar 5 – 10 atau 100.000 – 150.000 kilometer tergantung kondisi dan lingkungan penggunaanya.

Filter Udara AC

Umur pakai sekitar 10.000 – 15.000 km atau tergantung pada kondisi lingkungan penggunaanya.

Namun, penting untuk di ingat bahwa umur pakai suatu sparepart juga dapat di pengaruhi oleh faktor – faktor seperti kondisi lingkungan, cara penggunaan, dan cara perawatan. Oleh karena itu, sangat di sarankan untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada sistem AC mobil ada untuk memastikan agar komponen – komponen AC tetap berfungsi dengan baik dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius.

Bengkel AC Mobil Cibubur

Kali ini kita akan membahas satu satu tentang beberapa sparepart yang memiliki umur tertentu.

Kompresor

Kompresor AC mobil adalah salah satu komponen yang paling utama pada sistem AC mobil yang berfungsi untuk menghisap gas refrigeran dari evapurator dan mendorong ke kondesor. Gas refrigerant yang terkompresi kemudian melepasakan panas yang di hasilkan selama proses kompresi ke lingkungan sekitat melalui kondesor dan mengembun melalui pipa menuju evapurator.

Umur pakai kompresor AC mobil dapat bervariasi tergantung pada merek, tipe, kualitas dan juga kondisi lingkungan. Atau bisa juga dari cara pengunaan serta perawatannya. Secara umum, umur pakai kompressor bisa mencapai sekitar 8 – 10 tahun atau sekitar 100.000 – 150.000 km, namun beberapa faktor dapat mempengaruhi masa pakai kompresor tersebut.

Kondensor

Kondensor AC mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk menyerap panas dari refrigeran. Yang beredar di dalam sistem AC. Cara kerja kondensor ialah mengubah gas refirgeran menajdi cairan, sehingga panas yang di hasilkan dari proses ini akan di serap oleh udara yang mengalir di sekitar kondensor.

Umru pakai kondensor AC mobil juga dapat bervariasi tergantung pada merek, tipe, kualitas, kondisi lingkungan. Dan juga cara penggunaanya serta perawatannya. Sebagai aturan umum, umur pakai kondensor AC mobil dapat mencapai sekitar 8 – 10 tahun atau bisa lebih lama.

Evapurator

Fungsi utama dari evapurator AC mobil adalah untuk membantu menyejukan udara di dalam kabin mobil. Udara panas di dalam kabin akan di hisap melalui saluran udara dan melwati lamel – lamel evapurator yang berisi refrigeran yang dingin dan cair di hasilkan udara yang dingin yang kemudian di hembuskan ke dalam kabin mobil melalui sistem ventilasi AC.

Umur dari evapurator AC mobil tergnatung pada beberpa faktor seperti kulaits dan frekuensi pemakaian AC mobil. Secara umu, evapurator AC mobil memiliki umur sekitar 5 – 10 tahun atau 100.000 -150.000 Km.

Filter AC Mobil

Komponen yang satu ini juga di kenal sebagai filter udara kabin adalah komponen penting dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam kabin mobil, sehingga dapat menghindari masuknya partikel debu, polusi, dan kotoran lainnya yang dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin mobil.

Secara umum, filter AC mobil dis arankan untuk di ganti setiap 10.000 – 15.00 kilometer atau setiap 6 – 12 bulan sekali. Tergantung pada fakor – faktor tersebut di atas. Tergantung pada faktor.

Jika anda ingin melalukan pengecekan secara berkala ataupun perawatan secara berkela, hendaknya anda langsung bergegas ke bengkel AC mobil terdekat dari tempat tinggal anda.

Dapatkan selalu update terbaru kami di tiktok kami : https://www.tiktok.com/@prioritasjayaac3

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL