Service AC Mobil Toyota Alphard Cibubur

Share

Apa yang ada di pikiran anda setelah mendengar nama toyota alphard? Mewah, elegan, premium, besar atau pun mahal? Yups, Toyota Alphard adalah MPV premium berukuran besar yang di produksi oleh pabrikan Toyota Motor Corporation sejak tahun 2022. Tujuan utamanya adalah untuk bersaing dengan mobil mobil mewah lainnya, Alphard pada awalnya di buat untuk pasar domestik jepang, akan tetapi juga di jual di beberapa negara asia lainnya termasuk di Indonesia. Mobil ini termasuk mobil keluarga yang premium untuk kalangan menengah keatas dengan design dan kenyamanan mewah, mobil ini juga memiliki sistem keselamatan dan kemanan, dimana sistem ini sangat berguna bila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Dari awal keluar di pasaran.

Service AC Mobil Alphard Cibubur

Faktor Penyebab AC Mobil Toyota Alphard Tidak Dingin

Banyak yang mengeluh panas pada saat berkendara roda 4, hal itu mungkin terjadi karena kurangnya perawatan AC mobil secara berkala, yang di mana harus di lakukan 6bln / 20.000km. Mengapa harus 6 bulan / 20.000km? Karena memang sudah seharusnya dan juga sudah aturan dari denso itu sendiri. Apabila tidak di lakukan perawatan secara berkala, mobil yang kita kendarai akan terasa panas ataupun tidak nyaman sama sekali.

Beberapa Penyebab AC Mobil Alphard kurang dingin

Dilihat dari fungsi AC itu sendiri adalah memberi kenyamanan berkendara, karena kita tidak perlu lagi kepanasaan saat di dalam mobil meski suhu di luar sangat terik. Namun apa jadinya ketika AC mobil terasa panas atau hanya keluar angin saja?

Ternyata masalah AC yang tidak dingin atau hanya keluar AC saja bisa di sebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebab tersebut antara lain adalah :

Freon Habis

Freon adalah bahan yang di gunakan untuk memindahkan panas pada udara yang akan di hembuskan kedalam kabin mobil, freon yang mungkin banyak digunakan adalah jenis R-134a, freon tersebut adalah termasuk aman karena tidak merusak ozon namun tetap menimbulkan pemanasan global. Fungsi freon sangatlah penting, yakni mendinginkan udara yang di hembuskan ke dalam kabin melalui suhu dingin yang di miliki oleh freon. Untuk pengecekan volume freon, bisa anda lihat pada sight glass didekat dryer. Dalam kondisi AC on serta mesih hidup, harusnya ada gelembung. Gelembung ini menandakan bahwa freon masih ada di dalam saluran AC.

Drive Belt Longgar

Drive belt atau bahasa umumnya kita kenal dengan fan belt AC ketika longgar sudah barang tentu akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Karena fan belt ini bertugas untuk menyalurkan putaran mesin dengan putaran kompressor AC. Ketika longgar, jumlah putaran AC mobil akan lebih berkurang. Ketika AC mobil berada di RPM tingii, AC mobil mungkin masih berputar normal. Namun ketika berada pada RPM rendh, putaran kompressor akan terhambat. Hal ini akan menyebabkan AC mobil alphard anda teras kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali.

Kondensor atau Radiator Kotor

Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena debu, karatan, atau sirip pada permukaan yang tertekuk akan sangat menghambat pembuangan panas dari freon, gas bertekanan tinggi pada kondensor menjadi tidaklah sempurna. Hal berikut mengakibatkan proses kondensasi yang tidak sempurna juga.

Motor Fan Mati

Jika motor fan mati ataupun extra fan terganggu dengan di tandai oleh putaran lemah, ini akan mengakibatkan pembuangan panas pada kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor fan terbalik dalam artian arah angin yang di hembuskan mengarah ke depan mobil.

Kelebihan Oli Kompressor

Pada sistem AC mobil memiliki ruang yang tetap, jika kelebihan oli kompressor, maka ruang untuk refrigrant akan berkurang, kejadian ini akan menyebabkan tekanan yang berlebihan, Dan jika menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang masuk, Beruntung kalau hasilnya hanya AC kurang dingin,karena terkadang tidak dingin sama sekali.

Service AC Mobil Alphard Cibubur

Untuk anda pengguna mobil ini, harus selalu menjaga kondisi mobil anda, khususnya pada AC mobil anda. Karena untuk perbaikan AC mobil ini tidaklah murah, karena mengingat alphard adalah mobil tipe premium, dan mubkin sparepartnya lumayan mahal. jika anda ada masalah pada mobil alphard anda, langsung bawa ke bengkel spesialis AC mobil cibubur, bengkel yang bergerak di bidang otomotif khusunya AC mobil.

Tonton Juga Video Kami : https://www.youtube.com/watch?v=RXWNvm_Enh0&t=20s

Kami siap Membantu Anda Konsultasi Mengenai Harga, Spearpart DLL